Pongah

Pongah adalah sifat orang yang tidak punya rasa malu.


Tatkala rasa malu telah hilang disebutkan bahwa orang akan berbuat sekehendak hatinya. Rasa malu selalu menjadi kekuatan pada diri seseorang untuk menseleksi apakah perbuatan pantas dilakukan atau tidak. 
Manakala seseorang tidak memiliki rasa malu, maka perilakunya tidak terseleksi, sehingga apa saja yang diinginkan atau dikehendaki akan dijalankannya.

Dalam menjalani kehidupan seseorang biasanya mendasarkan pada nilai-nilai yang bersumber dari adat istiadat yang berlaku di masyarakat, sopan santun, aturan, dan juga agama yang dipeluknya. Seseorang, oleh karena tidak memiliki rasa malu, maka nilai-nilai dimaksud selalu diabaikan. 

Ia melakukan apa saja sesuai dengan yang dikehendaki atau diinginkan. Perilakunya tidak berstandar kecuali hanya mengikuti keinginan, kebutuhan, dan apa saja yang menyenangkan terhadap dirinya sendiri.

Dalam beberapa kutipan ajaran Hindu Dharma disebutkan bahwa sifat pongah yang curang dan angkuh yang sekiranya sangat perlu dihindari untuk mengurangi dosa karena dalam Bhagawad Gita XVI.21 disebutkan bahwa sifat dan prilaku moha seperti ini dapat mengantarkan kita ke pintu gerbang neraka, alam bhur loka.
***