Tahukah Anda ? Yasa kerti lan bhakti... memargi antuk manah suci.

Anresangsya

Anresangsya (atau Arimbhawa) artinya tidak mementingkan diri sendiri.
Salah satu bagian dari Dasa Yama Brata sebagai pengendalian diri.
Dan menghargai orang lain juga adalah sikap dari orang yang bijak;
Tetapi seorang pecundang akan berusaha menjatuhkan orang lain dengan cemoohannya yang menyakitkan.
Namun demikian, kepribadian orang - orang yang berjiwa besar yang tidak mementingkan diri sendiri akan selalu menghargai orang lain.
Karena dengan menghargai orang lain,
Sama halnya dengan menghargai diri sendiri.
Oleh sebab itu dengan kita menghargai orang lain, maka orang lain tersebut akan menghargai kita.
Jika anda memang menyayangi, menyukai, mencintai dan mengasihi seseorang, maka berusahalah mengatakan kelemahan atau hal-hal yang tidak baik dari dirinya. 
Agar dia mampu menjadi lebih baik lagi dan merubah segala sikapnya, tentunya dengan melihat situasi dan kondisi yang memungkinkan untuk menyampaikannya.
Hidup kita tak ada yang sempurna, sikap dan kelakuan kita juga belum tentu semuanya baik, maka berusahalah untuk mengoreksi diri dan mampu menerima kritikan dari orang lain agar anda bisa merubah ketidak sempurnaan itu menjadi kebaikan.
Marilah kita membangun kebersamaan dengan berkata “Suka dan Tidak suka” pada orang lain, tentunya dengan tujuan yang positif anda bisa menempatkan kata tersebut menjadi motivasi bagi hidup orang lain yang sebagaimana disebutkan;
Mungkin saja Tuhan menghendaki manusia tidak hanya sendiri di dunia ini, tentunya agar ada kebersamaan dan untuk saling melengkapi (paras-paros).
Kelebihan dan kekurangan diantara manusia akan menjadi kesempurnaan jika kita mampu menciptakan kebersamaan.
Marilah mengoreksi diri (mulat sarira), belajar dari setiap peristiwa, menerima kritikan, dan berusaha melakukan yang terbaik agar kita menjadi pribadi yang di sukai oleh banyak orang.

Demikianlah sebagai renungan;
Dengan tidak mementingkan diri sendiri sebagai kepribadian orang-orang yang berjiwa besar.
***