Tahukah Anda ?

Pong-Pongan

Pong-Pongan (Pompongan) adalah buah kelapa tua yang berisi lubang bekas dimakan tupai.
Dimana buah ini disebutkan oleh seorang pemangku dapat menangkal gerubug ayam.
Mungkin apa yang dilakukan oleh Mangku Dangin ini agak sulit diterima akal sehat.
Namun, baginya menangkal suatu wabah penyakit hewan dalam hal ini gerubug ayam menggunakan sejumlah benda tersebut diyakini benar-benar ampuh.
Terbukti ketika hewan ternak ayam milik tetangga di sekeliling rumahnya grubug, ayam milik Jero Mangku sehat-sehat saja.

Kembali lagi,
"Ini adalah soal keyakinan saja, karena memang entah kebetulan atau seperti apa, ketika ayam tetangga kena gerubug, ayam yang ada di pekarangan saya tidak ada kenapa-napa," tutur Mangku Dangin dalam berita Bali.
Dan juga dalam mengenal benda-benda gaib yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, dinamakan Pompongan Boma Raksa berasal dari buah kelapa yang digigit oleh tupai sampai berlubang.
Lubang pada buah kelapa tersebut banyaknya dua. Benda gaib ini jarang ditemukan, kecuali orangnya berjodoh.
Disebutkan sangat berguna untuk melindungi seisi rumah dari serangan ilmu hitam, gangguan buta, kala bucari dan semua jenis makhluk halus tidak berani memasuki pekarangan rumah yang memiliki benda ini.
Caranya :
Bersihkan isi dari pompongan tersebut dengan air laut ditambah pasirnya, sampai didalamnya betul-betul bersih tanpa ada sisa kotoran buah kelapa. 
Kemudian pada hari baik (ala ayuning dewasa), yaitu tilem atau purnama, buatkan sesajen pejati dan segehannya dimohonkan kepada Betara Siwa agar dianugrahi kekuatan gaib sambil memasukkan 9 buah dupa menyala kedalam pompongan tersebut, untuk menyucikan dan memasukkan kekuatan gaib Betara Siwa. 
Setelah sesajen dihaturkan dengan hati suci dan permohonan yang tulus, kemudian pompongan tersebut digantung di rumah yang berhadapan dengan pemesu (jalan keluar rumah). 

Setiap hari-hari keramat, 
Seperti kajeng kliwon, tumpek, tilem dan purnama menghaturkan canang burat wangi lenga wangi dan menghasapi benda ini dengan 9 buah dupa, niscaya kekuatan gaibnya akan terus menjaga seisi rumah.
***