Tahukah Anda ? *) Pencarian data

Ilmu Hitam

Ilmu Hitam (atau Black Magic) adalah ilmu aliran kiri yang dimaksudkan bagi orang-orang yang jahat yang selalu berbuat asubha karma atau bagi orang yang tidak bisa mengendalikan diri seperti misalnya ketika orang tersebut emosi atau selalu berpikir negatif.
Seperti halnya dikatakan oleh seorang Dosen Sastra yang mengajar di UNHI mengatakan bahwa pengguna black magic sebenarnya tidak pernah bisa mencelakai targetnya selama targetnya tidak melakukan kesalahan. 
“Harus dipancing emosi targetnya, sehingga ada energi yang nyambung. Seperti radio, kalau mencari siaran Denpasar maka harus cari channel Denpasar,” bebernya Oleh karena itu kucinya agar terjauh dari pengaruh ilmu pangiwa, harus menjaga pikiran, perkataan, dan perbuatan agar senantiasa positif. 
Di samping itu, menurutnya black magic itu adalah yoga yang disalahfungsikan. Semua itu sesungguhnya berasal dari pikiran dan perasaan disertai kemampuan seseorang dalam memfokuskan pikiran dengan niat tertentu. 
“Kalau berniat buruk akan menjadi black magic, kalau ber niat baik akan menjadi white magic. Itu sederhananya,” ungkapnya.
Mengenai perubahan wujud seorang praktisi ilmu kebatinan menjadi makhluk atau bentuk tertentu menurutnya hanya ilusi, karena manusia dikendalikan oleh pikirannya. 
“Yan Bhawan tan Bhawatu. Bagaimana ia berpikir, maka begitulah dirinya,” ungkapnya. 
“Dalam yoga ada namanya Samyama, saat kita memfokuskan pikiran pada wujud tertentu, maka menjadi itu. Tapi itu semua ilusi,” tambahnya sebagaimana dikutip dari BaliExpress dalam dasar Pengiwa; Jika Ingin Mencelakai, Target Mesti Punya Kesalahan.
Karena kesalahan juga akan dapat menimbulkan rasa tidak suka, rasa tidak suka berpotensi menjadi rasa benci, dan rasa benci tersebut akan menjadi beban dalam menjalani kehidupan. Seperti makna yang terkandung dalam Dharma Santi yang dilakukan pada saat peraayan ngembak geni.
Dan sebagai penangkal ilmu hitam disebutkan dalam penggunaan pong-pongan (jika ada) :
Seperti pada saat kajeng kliwon, tumpek, tilem dan purnama menghaturkan canang burat wangi lenga wangi dan menghasapi benda ini dengan 9 buah dupa, niscaya kekuatan gaibnya disebutkan akan terus menjaga seisi rumah.
***