Dirgayusa

Dirgayusa artinya panjang umur dalam kamus agama Hindu Bali yang sebagaimana disebutkan :
Dengan menghaturkan Sesayut Dirgayusa misalnya pada saat buda kliwon yang bertujuan menyampaikan berita ke para dewa di Kahyangan yang tujuannya untuk memohon keselamatan.
Dan sebagai sebuah renungan yang mendalam pada saat memperingati otonan sebagai tanda dalam kelahiran.
Seperti halnya dikatakan seorang nabe yang melahirkan sulinggih yang satyawadi dengan wejangan yang penuh tata krama.
Beberapa media massa di Indonesia pernah menurunkan hasil wawancaranya dengan orang-orang yang panjang umur.
Berdasarkan hasil wawancara tersebut ditemukan, bahwa salah satu penyebab panjang umur adalah karena yang bersangkutan hidup dalam keharmonisan baik dalam keluarga, masyarakat maupun di tempat mereka bekerja.
Disamping itu mereka penyayang tumbuh-tumbuhan dan binatang. Setiap hari kasih sayangnya disalurkan kepada tumbuh-tumbuhan dan binatang peliharaannya.
Terhadap apa yang dilakukan dalam kesehariannya tersebut, jiwanya semakin lembut sel-sel tubuhnyapun tumbuh dengan wajar dan sehat.
Kalau orang dalam keadaan dibenci dan membenci, syaraf-syarafnya akan selalu tegang bahkan dalam tubuhnya konon akan tumbuh racun yang menggerogoti.

Karena itu, aplikasi pengalaman beragama kepada orang lain yakni dengan jalan menghormati, menolong, melindungi, menyayangi, memahami orang lain berdasarkan kebenaran artinya tidak ada motif apa-apa selain berbuat baik tersebut.
Kalau hal itu dapat kita lakukan kepada orang lain dan lingkungan alam lainnya, keharmonisan masyarakat dan kelestarian alam lingkungan akan semakin tumbuh.
Cuma manusia tidak semudah itu dapat melakukannya.
la membutuhkan wawasan dan latihan setiap hari.
Wawasan dalam hal ini adalah pandangan tentang hidup bersama.
Mengembangkan wawasan yaitu dengan mengembangkan pemahaman pada keberadaan manusia yang memiliki bermacam-macam sifat dan watak serta kemampuan yang dibawa sejak lahir atau hasil pengembangan dalam hidupnya ini.

***