PIS BOLONG PADMA

PIS BOLONG PADMA adalah lambang tempat singasana Tuhan sebagai pencipta, selain itu 8 kelopak dan 1 titik di tengah padma tersebut melambangkan ke 9 dewa-dewa yang beristana di masing-masing arah penjuru angin yang lebih di kenal dengan dewata nawasanga.
Uang kepeng / Pis bolong padma ini dipercaya memiliki fungsi sepiritual untuk kedamaian, penangkal ilmu hitam, dan sebagai sarana pemusatan pikiran dalam melakukan yoga semadhi atau meditasi.
Di dalam perkembangan Hindu di Bali bunga Padma/Teratai digunakan sebagai upacara/yadnya karena bunga teratai/Padma mempunyai banyak makna dan simbol religius. 
Bunga Teratai/Padma hidup di tiga alam (darat/tanah, air dan udara) melambangkan tiga dunia tri loka (bhur, bhuah dan swah)
Walaupun hidupnya di lumpur tetapi daun dan bunganya menjulang hingga diatas air dan bunganya berbau harum.
Bunga teratai yang harum dilambangkan sebagai stana Hyang Widhi yang sesuai dengan bentuk buah/putiknya yang berbentuk kerucut berbalik hingga berntuknya seperti altar tempat semadhi. 
Mahkota bunga teratai menunjuk disegala arah melambangkan arah mata angin(asta dala). 
Jika kita menghirup aroma bunga teratai tersebut urat syaraf akan terangsang sehingga akan menggetarkan jiwa dan menambah kekhusukan dalam bersamadhi/sembahyang.
***