Aja Were

Danu Kerti

Danu Kerti adalah kewajiban untuk menjaga kesucian atau kelestarian sumber-sumber air tawar seperti danau, berbagai sumber mata air dan sungai/tukad seperti pelaksanaan upacara labuh gentuh dll.
Sebagai salah satu bagian dari sad kerti : enam upaya untuk menjaga keseimbangan jagad raya semesta secara sekala & niskala sehingga vibrasi energi positif pada sumber-sumber air tawar dapat tetap terjaga.
Diceritakan meskipun masih kecil sudah dapat mengendalikan perahu sendiri, 
Demi Pendidikan, Bocah SD Terunyan Mendayung Perahu Sendiri ke Sekolah, Wardika mengaku tak banyak kendala dalam melintasi danau.
Ia hanya khawatir terjadi gelombang besar akibat angin kencang. Sehingga sebelum berangkat sekolah, orang tuanya memastikan bahwa cuaca di danau bersahabat. 
“Kalau gelombang besar, saya diantar bapak ke sekolah. Kalau hujan, bisa tidak sekolah,” tutur Wardika.
Sebagai manusia, sifat kleda dan putus asa disebutkan harusnya selalu dihilangkan agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan;
Bagaikan sesendok garam yang dimasukkan ke dalam segelas air, akan membuat air terasa asin
Bila air yang ada seluas danau, maka sesendok garam tidak akan membuat air danau menjadi asin.
Ketika kehidupan terasa berat jalan terasa berliku dan naik-turun, tetaplah pada jalan Dharma dengan melakukan lebih banyak perbuatan baik dan berusaha untuk tidak melakukan perbuatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.
Semoga karma baik yang Anda lakukan dapat memberikan kemudahan dan kebahagiaan dalam hidup ini.
***