Tahukah Anda ? Yasa kerti lan bhakti... memargi antuk manah suci.

Mahkluk Sosial

Sebagai mahluk sosial, manusia juga tidak bisa hidup menyendiri maka dari itu manusia hidup berkelompok, membentuk masyarakat dan bernegara. 

Demikian pula halnya masyarakat Indonesia hidup bernegara yang berdasarkan Pancasila dan setiap warga Negara Indonesia harus hidup dengan memeluk agama tertentu yang di akui di Indonesia. 
Nilai – nilai agama hanya dapat di lakukan dengan proses pendidikan. Jadi Agama dengan pendidikan tidak bisa terlepaskan dalam kehidupan ini. 
Selain itu, manusia juga di sebut dengan mahluk pribadi karena perbedaan pada penampilan fisik,bakat, minat, dan kemampuan.manusia berhubungan erat dengan pendidikan, karena manusia perlu dididik dan swaktu – waktu dapat ditunjukan dengan mendidik, maka dari itu manusia juga di sebut mahluk yang harus mendapat pendidikan

Pentingnya pendidikan atau pentingnya ilmu pengetahuan banyak diuraikan di dalam pustaka suci seperti Bhagawadghita, Sarasamuscaya, Rg. Weda dan di dalam beberapa pustaka Upanisad yang merupakan uraian ilmu tentang Weda
Dan Weda merupakan kumpulan bentuk dari ilmu pengetahuan. Weda secara etimologi berasal dari urat kata “Vid”(Sansekerta) yang berarti tahu, Pengetahuan atau terang. Sedangkan Upanisad berarti duduk di bawah dekat guru mendengarkan ajaran – ajaran suci kerohanian.
Keyakinan dalam agama Hindu, bahwa setiap orang yang lahir ke dunia ini memang perlu untuk dididik. Hal ini dapat dilihat dengan adanya pendidikan sebelum lahir, yakni yang diwujudkan dalam simbolis upacara “Magedong – gedong”, dan pelaksanaan sehari – hari pendidikan sebelum lahir diwujudkan lewat prilaku orang tua, yakni yang menekankan pada pengendalian diri.

Demikian dijelaskan dalam kutipan nilai-nilai pendidikan dalam lontar whraspati tattwa yang disebutkan sebagai suatu upaya untuk membina pertumbuhan jiwa masyarakat dengan ajaran agama Hindu itu sendiri sebagai pokok materi.
***