Madurya

Foto IG, Erika Wulandari
Madurya artinya sikap ramah tamah, lemah lembut dan sopan santun kepada setiap orang sebagai bagian dari dasa yama bratha yang merupakan kewajiban umat Hindu Dharma untuk menuju kehidupan yang lebih baik.
Namun kadang kala, kebaikan yang disampaikan belum tentu diterima baik oleh orang lain sebagaimana diceritakan oleh Erika Wulandari dalam salah satu keterangan fotonya.
Sewaktu kecil aku pernah bertanya pada seseorang yang aku anggap kakak, 
"Kenapa meskipun aku selalu berbuat baik, rajin belajar dan berlatih yoga tetap harus rajin sembahyang?" 
Beliau tersenyum lalu menjawab : 
"Karena tidak selamanya perbuatan baikmu dilihat baik oleh orang lain!" 
Pada mulanya karena usia yg masih kecil aku tidak mengerti apa maksudnya? 
Tapi saat ini aku mulai mengerti maksudnya. 
Terkadang kita berbuat baik pada orang lain tapi karena perbedaan persepsi dan sudut pandang hal baik yang kita lakukan terlihat jahat dan dianggap ancaman oleh orang lain. 
Karena itulah kita harus sembahyang dan berdoa pada Tuhan agar hal baik yang kita lakukan sampai dan diterima dengan baik pula oleh orang lain.
***