Aja Were

Perbedaan antara Pasrah dan Berserah Diri

Dalam kehidupan ini kita terkadang sulit membedakan antara pasrah dengan berserah diri kepada Tuhan. 

Pasrah dengan berserah seolah-olah mempunyai arti yang sama, namun jika kita telusuri lebih dalam pasrah memiliki arti berbeda dengan berserah kepada Tuhan.

    • Berserah adalah kata kerja aktif yang bermakna menyerahkan segala sesuatunya kepada Tuhan karena percaya dan nyakin, Tuhan akan memeliharanya dan memberikan yang terbaik kepada kita.
    • Sedangkan Pasrah adalah kata kerja pasif yang bermakna menyerahkan segalanya kepada Tuhan karena ia sudah tidak berdaya lagi, atau telah menyerah kalah, tidak mampu melawan lagi.
Dalam pengertian rohani,;
Berserah adalah tindakan iman yang mempersilahkan Tuhan untuk ikut terlibat dalam hidup kita, sedangkan pasrah adalah ungkapan yang mencerminkan keputus-asaan dan tidak berdaya, bukan karena iman.

Dalam setiap kepercayaan dan agama umumnya mengakui adanya Tuhan. tetapi pilihan apakah kita akan pasrah atau berserah kepada Tuhan, hal itu akan menentukan tingkat keyakinan dan iman kita.

Karena Bhakti adalah seni untuk menyerahkan diri sepenuh pada Tuhan taat pada rencana dan kehendak Tuhan tapi bukan menyerah.

Jadi dalam keadaan kita seperti apapun, masalah boleh datang, tetapi jangan jadikan diri kita sebagai orang yang pasrah. Jangan menyerah kepada masalah tetapi hendaklah kita serahkan pergumulan kita kepada Tuhan. salam santhi, Rahayu.

Demikian dikutip dari salah satu artikel Bpk Putu Giriana dalam salah satu diskusi group Hindu Dharma di fb.
***