Aja Were

Apta

Apta artinya selalu berkata benar yaitu sesuai dengan sebagaimana adanya.
Sehingga dengan kebenaran, pada saatnya nanti mereka akan selualu dapat dipercaya. 
Seperti halnya seorang pandita/sulinggih, beliau yang dipercaya umat karena selalu berkata benar (Pendidik kebenaran) dimana dalam dunia spiritual dan pendidikan sulinggih disebutkan :
Oleh karena itu seorang sulinggih menghindari memperoleh kata-kata kasar dari seseorang. 
Untuk itu seorang sulinggih harus mampu memahami hakekat kebenaran. Kebenaran harus disampaikan dengan kebijakan. Kebenaran yang jika disampaikan akan menimbulkan gejolak dan caci maki maka sulinggih harus mencari strategi komunikasi untuk menyampaikan. 

Kekerasan dan paksaan bukanlah cara yang tepat digunakan berkomunikasi. Oleh karena itu seorang sulinggih sebenarnya adalah pendidik “strategi berkomunikasi”. Seorang sulinggih juga “pendidik moralitas yang luhur” dan “pendidik Welas Asih” seperti dijelaskan dalam Bhagawad Gita XII: 13 bahwa :
Dia yang tidak membenci segala mahluk, memiliki sifat bersahabat dan penuh cinta kasih, bebas dari keakuan dan keangkuhan, sama dalam suka dan duka dan rela memaafkan
Seorang yang telah menekuni dunia spiritual maka dia harus mampu mengajarkan cara mengekang hawa nafsu untuk mencapai kehidupan bahagia sekala niskala, karena yang dijadikan pegangan oleh umat kebanyakan adalah seseorang yang telah terjun dalam dunia spiritual, dan orang yang memiliki talenta yang kuat dalam menjalankan hidup ini agar tidak terjebak dalam dunia yang penuh dengan kesengsaraan.
***