Tahukah Anda ? Yasa kerti lan bhakti... memargi antuk manah suci.

Sangkuni

Sangkuni adalah seorang tokoh licik yang biasanya diperankan dalam Epos Mahabharata;
Namun sebenarnya dia pintar & baik, tapi kebaiknnya berubah ketika dia tau bahwa adik tersyangnya yang bernama Gandhari di jodohkan dengan pangeran yang buta Destrarsta itu yg membuat dia tdk terima, maka dari itu dia dendam dan bersumpah utk menghancurkan keturunan kuru, dan akhirnya terwujud sekaligus dia mendapatkan pahala dari karma buruknya.
Dan tidak ada tokoh yg lebih cerdas dari dia sebagai manusia biasa, (karena krisna bukan manusia biasa) dia bisa meluluh lantakan suatu kerajaan besar dimasa nya dengan mengadu domba keluarga kerajaan, pelajaran yang di dapat yaitu sesuatu yang kita ingin capai tidak harus 100% dari kekuatan otot tetapi juga dari kekuatan pikiran 🙏

Dalam kutipan Quote Sangkuni dikatakan bahwa :
Saat kekuatan itu gagal, berarti kita harus bisa menggunakan tipuan. Aku bisa menyerang Kerajaan Hastinapura dengan kecerdasanku hingga seluruh kerajaannya akan hancur berkeping – keping…. (S10)
Aku tidak menghargai kewajiban apapun juga yang akan membahayakan masa depan adik kesayanganku, bahkan meskipun harus melakukan perbuatan yang paling menjijikkan sekalipun. Dengan senang hati aku akan menerima neraka, tapi tidak akan aku biarkan masa depan adikku tersayang menjadi gelap dan tidak akan pernah aku biarkan Gandhari menikah dengan seorang pria yang buta sejak lahir …. (S10)
Seorang ayah adalah keteguhan dan tidak punya perasaan itu adalah musuh …. (S10)
Sangkuni memegang sebuah hal, dia sangat menyayangi adiknya (Gandhari). Dan dia melakukan apa saja untuk membahagiakan adiknya itu.
Dia berusaha mewujudkan harapan orang lain (adiknya) untuk kedamaian dan kebahagiaan. Dimana kebanyakan orang hanya berusaha menggapai harapan masing – masing dan ketika tidak sesuai dengan harapan itu maka terjadilah konflik.
***