Aja Were

Goroh

Goroh adalah boros dalam Wiki Basa Bali, suatu keadaaan yang berlebih-lebihan dalam pemakaian uang, barang, dan sebagainya.

Seperti halnya disebutkan dalam membangun makna ritual upacara keagaman ala Hindu dalam salah satu diskusi forum Hindu di fb dikatakan bahwa :
Ritual keagamaan Hindu di Bali sempat dituding sebagai pemborosan, bahkan menjadi salah satu indikator munculnya angka orang miskin sesuai hasil survey yang dilakukan sebuah lembaga pemerintah.
Dari sudut pandang kaca statistik,
Mungkin ada benarnya. 
Namun pernah ditelisik dari kegiatan keagamaan itu berimbas positif terhadap sisi kehidupan lain?
Semangat yadnya membangkitkan semangat usaha, sekaligus membangun ekonomi kerakyatan serta terbangunnya kesadaran dan bangkitnya etos kerja umat yang terbangun dalam wujud kebersamaan akibat kekokohan interaksi sosial yang dilandasi gotong royong.
Namun bagaimana upaya prajuru maupun manggala karya dalam mengemas upacara untuk memberi ruang lebih bagi umat kurang mampu dan masyarakat lokal????
Itu yang perlu dicarikan jalan keluarnya, sehingga ritual keagamaan itu bermakna secara vertikal sebagai wujud rasa bhakti terhadap sang paraning numadi, dan secara horizontal terbangunnya kekuatan sosial ekonomi umat dan masyarakat setempat.
***