Aja Were

Sekolah

Sekolah merupakan tempat untuk belajar segala pengetahuan terutama kepada anak-anak usia produktif yang dalam sebuah keindahan perjalanan di Hari Raya Saraswati disebutkan :
Pada usia ini seorang anak memiliki kecerdasan dan ketajaman pemahaman yang baik sehingga akan dengan cepat dapat menguasai sesuatu yang baru. 
  • Apalagi jika hal tersebut merupakan hal yang mereka senangi atau gemari.
  • Seyogyanyalah juga lebih banyak ditanamkan budi pekerti dan cinta kasih kepada sesama, sehingga anak akan terbiasa untuk memiliki budi yang luhur dan mampu menghargai segala perbedaan yang ada.
Dalam memperingati hari suci turunnya ilmu pengetahuan tersebut, di Bali pada umumnya perayaan Hari Raya Saraswati dilakukan pagi hari, sesuai dengan filosofi bahwa waktu yang paling baik untuk belajar adalah pada pagi hari. 
Dimana pikiran dan badan masih segar untuk menyerap dan memahami segala penjelasan mengenai suatu ilmu atau prinsip. 
Persembahan yang dilakukan akan dipimpin oleh seorang pemangku atau juga seorang Sulinggih kalau itu diadakan di Griya dimana ada yang menjadi pendeta Hindu disana. 

Persembahan berupa Canang Sari dan Soda atau Gebogan merupakan hal yang paling banyak dihaturkan oleh umat Hindu di Bali khususnya. 
***