Tahukah Anda ? Yasa kerti lan bhakti... memargi antuk manah suci.

Penyugjug

Penyugjug (Panyugjug) adalah terbuat dari carang dapdap cangga tiga sebagai sarana penuntun yang biasanya digunakan dalam upacara yadnya seperti :
Khususnya dalam pembuatan Padmasana, alat penyugjug ini selengkapnya juga dijelaskan pula stiti dharma online khususnya dalam Padmasana - Rewriting Version terdiri dari sebuah tangkai dapdap yang bercabang tiga, sebuah mangkuk kecil, cicin bermata mirah dan sebuah keris yang juga dilengkapi dengan :
  • Sebuah bata merah bergambar bedawangnala di mana punggungnya bertulis aksara suci “Ang” . Sebuah bata merah lain bergambar padma bertulis dasa aksara: sa, ba, ta, a, i, na, ma, si, wa, ya. Sebuah batu bulitan bertulis tri aksara: ang, ung, mang.
  • Sebuah klungah nyuh gading bertulis ong-kara. Kelungah dikasturi airnya dibuang lalu ke dalamnya dimasukkan sebuah kwangen berkulit keraras, berisi pis kepeng 33 buah, bertulis ongkara-amertha.
Semua banten dalam mendem pedagingan di atas setelah diupacarai dan disembahyangi, dimasukkan ke dalam lobang dasar bangunan; selanjutnya batu-batu dan adonan semen dapat dicor di atas banten-banten itu.
***