Tahukah Anda ? Yasa kerti lan bhakti... memargi antuk manah suci.

Om Awighnam Astu

Om Awighnam Astu adalah doa / mantra yang dipanjatkan untuk memohon perlindungan agar tidak mendapatkan hal buruk atapun rintangan.
Di Bali khususnya, sebelum memulai mengerjakan sesuatu hendaknya mengucapkan "Om Awighnam Astu". Mantra ini pula dapat diucapkan sebelum mulai membaca.
Untuk mengucapkan mantra diharapkan seluruh jasad lahir dan bathin kita hendaknya benar-benar suci, karenanya kita harus membersihkan diri secara lahir maupun bathin melalui Yama maupun Niyama Brata. 
  • Pengendalian diri dengan Panca Yama Bratha untuk mencapai kesempurnaan rohani dan kesucian bathin.
  • Dengan berpedoman terhadap Dasa Nyama Bratha disebutkan salah satunya dengan tekun mempelajari ajaran-ajaran suci khususnya, juga pengetahuan umum.
Dari uraian inidapat kita katakan bahwa pembinaan mental dan moral ikut pula menetukan berhasil tidaknya seseorang dalam mempelajari Weda mantra. 
Dari kebiasaan-kebiasaan Yama dan Niyama Brata akan menjadikan seseorang yang belajar Weda secara otomatis menjadi orang yang berbudi bahasa baik, tahan uji, ulet, serta tidak akan canggung-canggung lagi tampil memimpin masyarakat.
Demikian disebutkan resume veda dalam Hinduism regeneration, bahwa manuskrip (kitab) ini diyakini dan dipedomani oleh umat Hindu sebagai satu-satunya sumber bimbingan dan informasi yang diperlukan dalam kehidupan mereka sehari-hari ataupun untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu.
***