Tahukah Anda ?

Balai Pesamuan Agung Pura Besakih

Balai Pesamuan Agung adalah balai panjang di belakang tiga pelinggih Tri Sadhaka di Pura Besakih, dimana menurut babad bali, bale pesamuan ini terdapat Çiwa Lingga dan tempat stana arca arca prelingga.
Di tempat ini Ida Bhatara berstana bersama dalam interaksi dengan umat. Di sebelah kiri Balai Pesamuan terdapat Pelinggih Sang Hyang Ider Bhuwana.
Dua pelinggih ini memiliki hubungan yang sangat erat dalam menggambarkan keberadaan kemahakuasaan Tuhan Yang Maha Esa di alam semesta ini.

Di Balai Pesamuan itu sebagai tempat upacara yang melukiskan berkumpul dan bersatunya semua dewa manifestasi Tuhan Yang Maha Esa yang dipuja di kompleks Pura Besakih, baik yang ada di Pelinggih Soring Ambal-Ambal maupun di Pelinggih Luhuring Ambal-Ambal. 
Upacara yang melukiskan semua Dewa manifestasi Tuhan berkumpul di Balai Pesamuan itu umumnya dilakukan saat ada upacara Batara Turun Kabeh.

Balai Pesamuan juga sebagai simbol Ida Batara turun menjumpai umatnya. Melakukan pesamuan agar sweca yang dianugerahkan sesuai dengan bakti umat dan masineb untuk kembali ke Luhuring Akasa.
Demikian penjelasan tentang Balai Pesamuan Agung yang ada di Pura Besakih.
***