Tahukah Anda ? Yasa kerti lan bhakti... memargi antuk manah suci.

Raja Bharata

Raja Bharata adalah seorang raja dari Bharatawarsha yang dahulu diceritakan sebagai penguasa India Kuno, sebuah daratan di asia yang terbentang luas.
  • Pada mulanya Beliau disebutkan sewaktu kecil bernama Sarwadamana tinggal di Gunung Himawan
  • Dan memiliki putra angkat bernama Bharadwaja yang dikenal sebagai salah satu maha sapta rsi.
  • Menurunkan seorang putra raja yang bernama Kuru yang pada nantinya mendirikan Kerajaan Hastina Pura.
    • Diamana dalam Adi Parwa, kitab pertama dari Mahabharata disebutkan bahwa,
    • Beliaulah asal - usul dan sejarah nenek moyang Kurawa dan Pandawa
Sebagai salah satu raja yang menurunkan tokoh-tokoh utama dalam Mahabharata, dahulu kala Bharata juga terkenal sebagai penulis Natyasastra dalam kelompok Gandharwaweda, kitab yang membahas ilmu seni.

Kisah Sang Bharata diawali dengan pertemuan Raja Duswanta dengan Sakuntala. Raja Duswanta adalah seorang raja besar dari Chandrawangsa keturunan Yayati, menikahi Sakuntala dari pertapaan Bagawan Kanwa,
kemudian menurunkan Sang Bharata, raja legendaris. Sang Bharata lalu menaklukkan daratan India Kuno. 
Setelah ditaklukkan, wilayah kekuasaanya disebut Bharatawarsha yang berarti wilayah kekuasaan Maharaja Bharata (konon meliputi Asia Selatan)

Sang Bharata menurunkan Sang Hasti, yang kemudian mendirikan sebuah pusat pemerintahan bernama Hastinapura. Sang Hasti menurunkan Para Raja Hastinapura. 

Dari keluarga tersebut, lahirlah Sang Kuru, yang menguasai dan menyucikan sebuah daerah luas yang disebut Kurukshetra (terletak di negara bagian Haryana, India Utara)
Sang Kuru menurunkan Dinasti Kuru atau Wangsa Kaurawa. Dalam Dinasti tersebut, lahirlah Pratipa, yang menjadi ayah Prabu Santanu, leluhur Pandawa dan Korawa.
Kerabat Wangsa Kaurawa (Dinasti Kuru) adalah Wangsa Yadawa, karena kedua Wangsa tersebut berasal dari leluhur yang sama, yakni Maharaja Yayati, seorang kesatria dari Wangsa Chandra atau Dinasti Soma, keturunan Sang Pururawa. 

Dalam silsilah Wangsa Yadawa, lahirlah Prabu Basudewa, Raja di Kerajaan Surasena, yang kemudian berputera Sang Kresna, yang mendirikan Kerajaan Dwaraka. 
Sang Kresna dari Wangsa Yadawa bersaudara sepupu dengan Pandawa dan Korawa dari Wangsa Kaurawa.
Demikian disebutkan beberapa hal dalam kutipan Mahabratha (1) - Slokantara, kisah & silsilah keturunan dari Raja Bharata dalam epos Mahabharata.
***