Aja Were

Swami A.C. Bhaktivedanta Swami Prabhupada

Swami A.C. Bhaktivedanta Swami Prabhupada (1896-1977) adalah pendiri gerakan bhakti (devotional), sebuah ajaran yang didirikan di AS tahun 1965 dengan nama resmi "The International Society for Krishna Consciousness" atau ISKCON. 
Hare Krishna, berarti "Kemenangan untuk Krishna" (Victory to Lord Krishna), sebuah tradisi (sampradaya) Caitanya dari sekte Waisnawa.
Ajaran ini, dimulai pada abad ke-15 Masehi yang awalnya berkembang di India Timur yang diajarkan oleh Sri Caitanya dengan Acintya Bedhaabheda Tattva sebagai ajaran pada saat itu untuk memuji nama suci Tuhan.
Dalam biographynya dalam catatan dari Mahasabha VIII disebutkan oleh sundaranandadasa, Hare Khrisna Hindu atau bukan, dijelaskan bahwa Prabhupada terlahir dengan nama Abhay Charan De di Kolkata pada tahun 1896 dan menjalani karir yang sukses sebagai manajer bisnis sampai tahun 1933.

Dan ketika beliau dipercaya oleh Bhaktisiddhanta Thakura dari Gaudiya Vaishnava untuk menyebarkan kesadaran-Krishna di Barat. 
  • Beliau melakukan karya-karya terjemahan sampai pensiun pada 1959, ketika beliau menjadi sanyasin menyebabkan dia bebas untuk melaksanakan missinya. 
  • Pada tahun 1965 beliau pergi ke Boston dan mendirikan ISKCON. 
  • Tahun 1967 beliau pindah ke California di mana gerakan ini mulai tumbuh dengan pesat. 
  • Berbeda dengan agama-agama baru yang muncul dari agama Hindu, 
    • Beliau melarang para pengikutnya untuk menganggap dirinya sebagai avatara
    • Tetapi beliau menampilkan dirinya sebagai salah seorang seperti mereka, menjadi pelayan Tuhan (Dasa).
  • Dalam persamaan pandangan dalam mengenal Kerajaan Tuhan Kristus & Krishna, Bapak Gerakan Kesadaran Krishna AC Bhaktivedanta Swami Prabhupada pernah berkomentar: "Ketika sebuah panggilan orang India pada Krishna, dia sering mengatakan, Krsta. 
Krsta adalah kata Sansekerta yang berarti daya tarik. Hal ini sama dengan yang dialamatkan kepada Kristus, Krsta, atau Kresna kami menunjukkan sama semua-menarik keAgunganga Kepribadian Ketuhanan. Ketika Yesus berkata, "Bapa kami yang di surga Dikuduskanlah nama-Mu ', nama Dewa Krsta atau Krishna."
    Prabhupada lebih lanjut mengatakan: "'Kristus' adalah cara lain untuk mengatakan Krsta dan Krsta merupakan cara lain untuk mengucapkan Kresna, nama Tuhan... nama umum Personality Agung Ketuhanan, yang spesifik nama Krishna. Oleh karena itu apakah Anda panggil ' Kristus ',' Krsta ', atau' Krishna ', akhirnya Anda secara nyata melihat Kepribadian Ketuhanan yang sama.
Dan beberapa karya buku Beliau yang terkenal yaitu :
  • Tahun 1977 dalam Science of Self Realization, "bahwa gerakan kesadaran Krishna ( the Krishna consciousness movement).
  • dll.
***