Om Namaste

Om Namaste adalah kata yang diucapkan semoga diberikan keselamatan dan kerahayuan bersama yang dalam Mantra Pejati diucapkan sebagai berikut :
Oṁ namaste bhagavan Agni
Namaste bhagavan Harih
Namaste bhagavan Isa
Sarva bhaksa utasanam
Tri varna bhagavan Agni Brahma Visnu Mahesvara
Saktikam pastikanca raksananca saiva bhicarukam.
Ditambahkan, ucapan Namaste ini juga merupakan cara yang lazim digunakan untuk menyapa atau memberi salam di Asia Selatan.
Namaste digunakan oleh multi-agama dan lebih ditekankan pada representasi arti dari "Saya Menghormati Anda". Ketika berbicara dengan orang lain, biasanya diikuti oleh gerakan mencakupkan kedua tangan di depan dada.
Filosofi Namaste tersebut dalam ajaran dharma dalam Budaya Bali disebutkan ke arah sifat diri yang rendah hati.
Sebuah ungkapan yang dengan sangat elegan memberi penghormatan kepada siapa saja tanpa memandang atribut orang tersebut, apakah dia kaya, miskin, rupawan, buruk, terhormat, hina, sehat, sakit, dsb. 
Mendalami filosofi Namaste juga disebutkan mengajarkan saya untuk lebih mencintai semua ciptaan Tuhan. 
Tak akan ada niat untuk menindas, membunuh, menfitnah, mencaci-maki, ataupun sekedar menggosipkan orang lain di belakang. 
Tindakan-tindakan tersebut juga sangat melukai rasa penghormatan kepada sesama. Dan otomatis mencederai rasa bakti kepada Tuhan yang disembah.
Menghormati orang lain sama dengan menghormati diri sendiri. Karena sejatinya di dalam diri manusia memiliki satu kesamaan yang agung. 
Yang Agung inilah yang disebut dengan "Jiwa".. Dan Jiwa inilah "cahaya" Tuhan yang paling kecil yang berada di dalam diri kita yang harus kita berikan penghormatan tertinggi.
***