Utsaha Dharma

Utsaha Dharma artinya rasa tanggung jawab dalam melakukan usaha yang didasari dharma atau kebenaran yang berhubungan dengan kelestarian alam bhuwana agung ini.

Dalam semerbak upakara yadnya di zaman industi (ref/Hindu Dharma fb) disebutkan bahwa dibandingkan hewan dan tumbuh-tumbuhhan, manusia lebih mulia. 

Kemulian manusia didasari anugerah pikiran [idep] yang diberikan oleh Tuhan untuk memecahkan masalah, mencari jalan keluar dan memutuskan suatu keputusan yang tepat bagi dirinya secara mikro dan alam semesta secara makro. 

Prinsip dalam banten upakara ini juga memberikan kita akan pentingnya rasa tanggung jawab dalam hidup. Rasa tanggung jawab dalam arti melakukan usaha yang didasari dharma atau kebenaran dalam berhubungan dengan alam. 

Karena melalui tanggung jawab ini kita sebagai manusia akan dimuliakan. Kemudian dengan tanggaung jawab kita akan lebih peka dengan eksistensi alam, masalah-masalah sosial yang berasal dari alam. Dan rasa tanggung jawab itu akan memunculkan semangat produktifitas dan kreatifitas dalam menjaga eksistensi alam seperti yang tersirat dalam filosofi Tri Hita Karana.

***