Tahukah Anda ? *) Pencarian data

Idep

Idep (atau manah) adalah pikiran dan akal budhi sebagai sumber pengatur setiap gerak manusia;
Dan ketika pikiran anda sedang kacau cobalah untuk melantunkan mantra Om Namah Shivaya niscaya pikiran akan tenang kembali, usahakan untuk rutin mengucapkannya jangan hanya sekali terus berhenti.
Terkadang pikiran yang jernih dengan aktivitas dan kreativitas yang tekun dan gigih berdasarkan guna widya juga disebutkan dapat lebih banyak dapat menyerap ilmu pengetahuan yang dipelajari. 
Idep merupakan salah satu kekuatan dari Tri Pramana yang membedakan antara manusia dengan mahluk ciptaan Tuhan lainnya di dunia ini.
Dimana pikiran yang bersih dan suci disebut dengan manacika yang merupakan bagian dari Tri Kaya Parisudha yang harus disucikan; 
Karena setiap gerak manusia disebutkan diatur oleh pikiran sehingga pikiran sering disebut Rajendria (raja indria).
Dalam memaknai perayaan Tumpek Landep sebagaimana dikutip artikel post dari makna banten dalam persembahyangan oleh Vie Wiani yaitu disebutkan bahwa :
  • Ida Pedanda Made Gunung pernah menyampaikan, menurut filosofinya, Tumpek Landep merupakan tonggak penajaman citta, budhi dan manah (pikiran). 
    • Diharapkan, tingkah laku perbuatan umat selalu dilandasi atas kesucian pikiran sehingga bisa memilah mana yang baik maupun yang buruk. 
    • Sebab dari pikiran kebahagiaan itu datang dan dari pikiran juga kesedihan menggelayut di hati. 
  • Seperti tersurat dalam Sloka 81, Sarasamuscaya, “Pikiran itu sangatlah labil dan berubah-ubah, apabila seseorang dapat mengendalikan pikirannya, niscaya ia akan memperoleh surga di dunia dan surga di akhirat”.
***