Aja Were

Adhyaya

 Adhyaya artinya gemar belajar karena rasa ingin tahu.

Adanya rasa ingin tahu itu sejatinya akan mendorong kamu untuk terus belajar, belajar dan belajar sepanjang hidupmu. 

Dan ingatlah bahwa, 
Peradaban dari bangsa-bangsa yang hebat diseluruh dunia adalah bangsa yang memiliki rasa ingin tahu yang kuat hingga untuk bisa memenuhi rasa ingin tahu mereka, belajar dan mencari tahu dengan berbagai macam cara tanpa disuruh-suruh sama orang tuanya; hingga akhirnya mereka banyak melahirkan manusia-manusia penemu Scientist atau Ilmuan.

Dan sejatinya disebutkan bahwa Kata Weda berasal dari kata Vid, yang artinya Pengetahuan sebagaimana yang dikutip dalam salah satu artikel Hindu Dharma.

Sebagai contoh ini adalah beberapa umat Hindu yang menjadi penemu Ilmu Pengetahuan:
  • Aryabhatta (476 M) ahli Astronomi dan Matematikawan, pada usia 23 tahun dia merumuskan proses perhitungan gerak Planet dan waktu Matahari "Aryabhatiyam". 
    • Dia orang pertama yang menyatakan bumi itu bulat dan berputar pada porosnya, 1000 tahun sebelum Copernicus mempublikasikan teori Heliosentris nya. 
    • Aryabhatta juga menemukan perhitungan Pi sampai empat desimal: 3,1416 dan tabel Sinus dalam Trigonometri. Berabad-abad kemudian, pada 825 M, ahli Matematika Arab Mohammed Ibna mengakui nilai Pi ditemukan oleh orang Hindu. Orang Hindu yang menemukan angka nol.
  • Bhaskaracharya II (1114-1183 M), ahli Aljabar, Aritmatika, dan Geometri. Karyanya yang terkenal adalah Lilavati, Bijaganita, Shiddhant Shiromani, Surya Siddhant. Orang pertama yang menemukan Gravitasi, 500 tahun sebelum Sir Isaac Newton.
  • Acharya Kanada (600 SM), pendiri teori atom pertama, 2500 tahun sebelum John Dalton. 
  • Dan banyak lagi ....
***