Aja Were

Cakraning Panggilingan

Cakraning Panggilingan ("Cakra Manggilingan";Jawa Kuno) artinya kehidupan ibarat roda berputar.

Sebuah filosofi atau keyakinan tentang berputarnya roda kehidupan baik mikro maupun makro. Demikian pula dengan berputar dan terbatasnya periode zaman serta lamanya sebuah kekuasaan atau peradaban.

Maka penting untuk memiliki pemahaman spiritual akan Cakra Manggilingan ini. Sebab, dengan itu kita bisa selalu siap dengan keadaan yang akan dihadapi, baik atau buruknya. 

Dengan memahami esensi Cakra Manggilingan disebutkan, seseorang bisa mempersiapkan diri untuk tidak larut dalam kebahagiaan atau kesedihan yang sedang dihadapi.

Sejatinya hidup ini bagaikan roda pedati yang selalu berputar silih berganti.kadang dibawah, kadang diatas. 

Namun apapun itu adanya jika pandai mensyukuri kodrat dari Tuhan, suka dan duka tiada bedanya....

Tapi sebagai manusia yang penuh dengan keterbatasan kadang setiap cobaan yang kita alami tetap akan merasa jadi beban dalam hidup ini namun bagi jiwa yang sudah tercerahkan justru cobaan itu hanyalah sebagai ujian mental untuk kematangan jiwa dalam spiritual..

Perlu juga kita ketahwi bahwa dunia yang fana ini penuh ilusi, penuh dengan kepalsuan/sandiwara, tidak kekal dan hanya bersifat sementara.
  • Ketampanan dan kecantikan hanyalah sementara.
  • Kemewahan ataupun harta benda kadang membuat kehancuran...
Hanya orang yang bijaksana dan memiliki budi pekerti yang luhur yang mampu menyikapi segala penomena yang terjadi di alam semesta ini.

Kekuasaan Tuhan tidak terbatas.tapi karena keterbatasan kitalah kadang membuat tak berdaya utk menghadapi kenyataan yang ada....

Alam menyimpan banyak misteri dan segala rahasia ada di dalamNYA.
Itu semua atas kuasaNYA...
***