Amerta Matemahan Wisya

Amerta matemahan wisya" artinya : "Rejeki atau harta ibarat sebagai racun."

Seperti tertuang dalam Lontar Bhasundari Tattwa;
Ketika berbagai tumbuhan, binatang telah dirasuki oleh kesepuluh wujud Bhuta Dasa Dasangkara, hingga menghasilkan WISYA (racun, bakteri, virus, penyakit), maka tentunya akan menyebabkan seluruh manusia yang bergantung padanya juga akan sengsara, sakit bahkan meninggal secara mengerikan.

Kata kiasan ini disebutkan bermaksud mengingatkan kepada kita, 
Agar dalam berusaha mendapatkan rejeki/uang/harta dan cara memanfaatkannya berhati-hati, harus dengan cara berdasarkan kebenaran dan/kepatutan agar tidak menjadi racun yang dapat menghancurkan dalam kehidupan kita.

Hal ini sangat berkaitan dengan ajaran Agama Hindu dalam keseimbangan "Catur Purusa Arta."
Sehingga hendaknya setiap umat manusia agar mengusahakan mendapat rejeki/harta/uang selalu berlandaskan dengan cara yang benar, memanfaatkannya untuk memenuhi keinginan/kepuasan juga harus dengan cara yang benar dan patut agar tidak menjadi hal-hal yang merugikan dalam kehidupan kita di dunia maupun di akhirat kelak.

Contohnya saat di anugrahi banyak kekayaan tapi tak dimanfaatkan dengan baik justru malah mejerumuskan...
Saat uang banyak foya2 narkoba judi dll yg akhirnya membuatnya malah menderita....

Kalau saja anugrah itu di manfaatkan untuk kebaikan maka hidupnya tentu akan jadi baik....makanya kadang anugrah yang baik bisa menjadikan kita tidak baik bila kita tak bijak dengan anugrah itu....jadinya amerta matemahan wisya.

Seperti halnya diceritakan dalam kisah ayam mewisya oleh kanduksupatra, Jadi maksud hati mendapatkan kebahagiaan dan kesenangan, justru mendapatkan penyakit atau kesusahan.
***