Madat

Madat artinya orang-orang yang suka mengisap candu.
Sebagai bagian dari panca ma yang bertentangan dengan agama disebutkan setiap orang hendaknya harus menjauhkan diri dari madat, mariyuana, morphine, heroine, opium, narkotika, ganja dan sebagainya.
Hidup sebagai manusia sejatinya sangat mulia dan sempurna adanya, karena manusia dikarunia akal pikiran untuk dapat membedakan mana benar dan mana salah.

Seperti dalam pandangan Agama Hindu mengenai narkotika disebutkan bahwa setiap agama hendaknya mengajarkan umatnya untuk selalu berpegang teguh pada Dharma;
Siapa yang dapat hidup sesuai dengan Dharma ia akan selamat, bahagia dan damai selamanya, demikian pula sebaliknya jika perbuatan itu melanggar Dharma maka penderitaan adalah hasilnya dan itu pasti. 
Ada enam tantangan yang merupakan musuh utama manusia (Sad Ripu), yang ada dalam setiap diri manusia, yaitu: Mabuk, Bingung, Marah, Irihati, Rakus, Hawa nafsu. 

Kitab Veda mengajarkan agar manusia selalui memerangi keenam musuh ini. Veda mengajarkan agar umat Hindu menghindarkan diri dari 5 M, yaitu: Madat (narkoba), Mabuk (minuman keras), Main (judi), Malin (mencuri), Madon (berzina). 
Jika kita dapat menghindarkan diri dari kelima hal tersebut di atas niscaya kita akan menemukan kedamaian, kesehatan dan kebahagiaan.
 ***