Cinta Buta

Terkadang ketulusan cinta tidak membuahkan hasil seperti yang dibayangkan.
Dan ketika cinta bertepuk sebelah dada, semuanya telah dikorbankan namun pada akhirnya diingkari.
Dan alangkah hancurnya hati ini. 
Dalam [Sarasamuscaya : 448-449] disebutkan bahwa Cinta Buta adalah sumber dari segala sumber bencana,
Mereka yang diperbudak cinta buta akan melakukan segalanya demi cintanya yang sesaat, ia menjadi bodoh dan kehilangan kecerdasan, ia kehilangan jatidiri dan sesungguhnyalah ia telah binasa dalam hidupnya.
Diceritakan kisah yang mengharu biru, karena ketulusan cintanya yang mendalam, seorang pria tega menyerahkan sesuatu yang paling berharga pada kekasihnya. 
Tersebutlah ada seorang pria tampan mempunyai pacar seorang gadis buta, entah apa sebabnya pria ini cinta mati sama si gadis buta ini....! 
Suatu ketika pria tampan ini mengutarakan keinginannya untuk segera menikah dengan pacarnya ini....!
Pria berkata,
" Sayang...., aku ingin segera menikah denganmu....apapun keadaanmu rasa cintaku tak pernah berubah...., sekarang umurku telah menginjak 40th, sedangkan ibuku telah lama menjanda...., aku ingin ibuku tidak merasa kesepian....!"
Gadis menjawab,
" Kakak..., betapa gelap dunia kurasakan, aku sama sekali tidak pernah melihat wajahmu, aku buta, bagaimana aku bisa menikah dengan orang yang wajahnya tidak saya ketahui....? 
Aku berjanji padamu, aku akan mau menikah, bila aku sudah bisa melihat wajahmu....!"

Suatu ketika pria ini mengajak pacarnya yang buta ini untuk operasi mata....! 
Dan memang operasinya sukses....diapun sudah bisa melihat....! Betapa gembira hatinya.....!
Selang beberapa hari kemudian, pria ini kembali menemui gadis ini untuk menagih janjinya.....!
Betapa terkejutnya gadis ini, ternyata pria yang selama ini menyayanginya ternyata pria buta....! 
Dan diapun mengingkari janjinya....dia tetap menolak diajak nikah....!
Kali ini bukan karena dia buta, sebagai alasannya, tetapi karena dia tidak pingin punya suami buta.....!
Betapa hancur hati pria ini...., pengorbanannya benar-benar sia-sia...., dia mengiklaskan kedua matanya, untuk gadis yang sangat dia sayangi...., tapi apa balasannya, ternyata si gadis ini mengingkari janjinya....!
Pria ini dengan perasaan yang remuk redam meninggalkan gadis ini, dengan tangisan yang mengharu biru.....!

Pesan yg bisa dipetik dari kisah ini adalah....., 
Sisakanlah sedikit kebahagiaan untuk diri sendiri....! 
Walaupun anda cinta mati terhadap seseorang, tapi gak usah kita mengorbankan diri sendiri untuk kebahagiannya....!
Sebaliknya, yang terbaik adalah saling memberi....!
***