Aja Were

Peradaban Mesopotamia

Peradaban Mesopotamia adalah salas satu peradaban asia kuno berkisar tahun 3500 SM yang dirintis oleh Bangsa Sumeria, dimana dalam kebuayaannya disebutkan :
  • Shamash disebut sebagai Dewa Matahari yang muncul dengan sinarnya yang cemerlang.
  • Membangun Zigurat dengan konsep punden berundak seperti halnya tempat suci Hindu Dharma yang ada sampai saat ini.
Lokasi Peradaban Mesopotamia dalam sejarah benua asia paling lengkap dikatakan bahwa mempunyai kesamaan dengan Harappa berupa wilayah yang berpusat di sepanjang aliran sungai.
Dan Kebudayaan Mesopotamia kuno terkenal akan 5 bidang, yakni literatur, matematika, astronomi, pengobatan dan teknologi. Literatur Mesopotamia yang paling terkenal berasal dari masa kekuasaan bangsa Babilonia, namanya Epic of Gilgamesh.
Matematika Mesopotamia merupakan matematika yang berintikan sistem numeral sexagesimal. 
  • Matematika sexagesimal merupakan sumber dari matematika saat ini, seperti 1 jam = 60 menit, 24 jam dalam sehari dan juga lingkaran yang memiliki 360 derajat. 
  • Astronomi Mesopotamia paling banyak digunakan ketika bangsa Sumeria berkuasa dan juga bangsa Assyiria. Astronominya mempelajari peristiwa saat ini berdasarkan posisi planet dan juga bintang. 
  • Pengobatan Mesopotamia banyak berjasa terhadap pengobatan modern saat ini. 
    • Pengobatan yang dikembangkan oleh bangsa Babilonia ini memperkenalkan sistem diagnosa, prognosa, pemeriksaan fisik dan pemberian resep. 
  • Berkat keempat bangsa yang menguasai Mesopotamia, teknologi di wilayah ini cukup maju. Salah satu buktinya adalah baterai Baghdad yang merupakan baterai pertama yang ada di dunia.
Saat ini dikatakan bahwa wilayah peradaban ini masuk ke dalam mayoritas wilayah Irak, Kuwait, bagian timur Syiria, bagian tenggara Turki, dan perbatasan Turki-Syiria serta Iran-Irak. 
***