Aja Were

Lembah Sungai Indus

Lembah Sungai Indus (Indus Valley) adalah daerah asal penyebaran Agama Hindu di India Kuno dalam kurun waktu sekitar 2800-1800 SM yang pada saat itu disebutkan didiami oleh Bangsa Dravida.
Dimana dalam sejarah peradabannya, disebutkan bahwa pada tahun 2500 sebelum masehi, Bangsa Troya mendirikan kota Harappa dan Mohenjondaro serta kota megah lainnya didaerah aliran sungai India tersebut. 
Selanjutnya suku Arya baru menjejakkan kaki di bumi India Kuno melalui celah Kaiber (Kaiber Pass) kira - kira pada tahun 2000-1500 SM, Dan Bangsa Arya berhasil mendesak Bangsa Dravida dan Bangsa Munda sebagai suku bangsa asli yang telah mendiami daerah tersebut.
Peradaban sungai Indus sebagai salah satu peradaban tertua di dunia dikatkan pada zaman dahulu berkembang di wilayah yang meliputi wilayah di timur laut seperti daerah Afghanistan ke Pakistan dan India barat laut.
Peradaban ini berjalan beriringan dengan Mesir Kuno dan Mesopotamia. Peradaban Lembah Sungai Indus memiliki luas wialyah terluas dibanding ketiga peradaban Mesir Kuno dan Mesopotamia.
Luas peradaban ini diperkirakan 1,25 juta km2. Populasinya menetap dan hidup di sekitaran cekungan sungai Indus, salah satu sungai besar di Asia, dan sungai lain bernama Ghaggar-Hakra yang melalui timur laut India dan Pakistan timur.

Peradaban kuno ini sering juga disebut sebagai Peradaban Harappan Lembah Indus, karena kota penggalian pertamanya disebut Harappa, atau juga Peradaban Indus Sarasvati karena Sungai Sarasvati yang mungkin kering pada akhir 1900 SM.
Pemusatan terbesar dari Lembah Indus berada di timur Indus, dekat wilayah yang dulunya merupakan Sungai Sarasvati kuno yang pernah mengalir. 
***