Aja Were

Panganjali

Panganjali adalah salam persaudaraan antar umat beragama.
Untuk membina hubungan yang harmonis dan mempererat rasa persaudaraan dalam pergaulan di masyarakat secara sekala & niskala dalam pokok-pokok ajaran Agama Hindu dikatakan bahwa salam persaudaraan (panganjali) ini pada umumnya diucapkan dengan "OM SWASTYASTU". Salam ini dapat juga dipergunakan dalam memulai suatu kegiatan. 
Khusus dalam mengakhiri sesuatu kegiatan dapat juga memakai "OM SANTI, SANTI, SANTI, OM" yang artinya semoga damai.

Pada waktu mengucapkan salam, kedua tangan dicakupkan di depan dada dengan ujung jari mengarah ke atas, tetapi kalau keadaan tidak memungkinkan, sikap ini boleh tidak dilakukan. Yang menerima salam seyogyanya memberikan jawaban dengan ucapan "OM SWASTYASTU" dengan sikap yang sama pula.
Dalam Agama Hindu di Bali, lambang atau simbul panganjali dalam keagamaan ini juga merupakan sarana pengikat keyakinan umatnya untuk lebih mendekatkan hati dan perasaannya kepada cita- cita hidup keagamaan.
Dan apabila hubungan manusia dengan penciptaNya dan hubungan manusia dengan lingkungannya terjalin dengan harmonis, maka manusia akan mendapatkan keselamatan dan kesejahteraan seperti yang tertuang dalam konsep Tri Hita Karana.
***