Tahukah Anda ? Yasa kerti lan bhakti... memargi antuk manah suci.

Alengka

Alengka adalah sebuah kerajaan dimana dalam epos Ramayana pada zaman dahulu disebutkan dikuasai oleh Raja Rahwana yang dikelilingi oleh wanita-wanita cantik.
Didalamnya terdapat sebuah taman yang indah bernama Argasoka, tempat dimana ketika itu Trijata berusaha membujuk Sinta untuk bersedia menjadi istri Rahwana.
Diceritakan pada zaman dahulu, Alengka sejatinya merupakan kota yang permai, diciptakan oleh seorang arsitek para dewa bernama Wiswakarma untuk Kubera, Dewa kekayaan yang sebagaimana diceritakan dalam salah satu kutipan pendidikan Agama Hindu Kelas 10 yang dikatakan bahwa :
Kubera juga merupakan putra Visvara, dan bermurah hati untuk membagi segala miliknya kepada anak-anak Kekasi. 
Namun Rāvaṇa menuntut agar seluruh Alengka menjadi miliknya, dan mengancam akan merebutnya dengan kekerasan. 
Visvara menasihati Kubera agar memberikannya, sebab sekarang Rāvaṇa tak tertandingi. Ketika Rāvaṇa merampas Alengka untuk memulai pemerintahannya, ia dipandang sebagai pemimpin yang sukses dan murah hati. 
Dan Alengka pun pada mulanya berkembang di bawah pemerintahannya. Konon rumah yang paling miskin sekalipun memiliki kendaraan dari emas dan tidak ada kelaparan di kerajaan tersebut.
Rāmāyana mendeskripsikan bahwa istana Rāvaṇa dipenuhi oleh para wanita cantik yang berasal dari berbagai penjuru dunia. 
Dalam Rāmāyana juga dideskripsikan bahwa di Alengka, semua wanita merasa beruntung apabila Rāvaṇa menikahinya. 
Dua legenda terkenal menceritakan kisah pertemuan Rāvaṇa dengan wanita istimewa. Wanita istimewa pertama adalah Vedawati, seorang pertapa wanita yang bersumpah bahwa ia akan lahir kembali reinkarnasi sebagai penyebab kematian Rāvaṇa.
***