Tahukah Anda ? Yasa kerti lan bhakti... memargi antuk manah suci.

Paramasanti

Paramasanti adalah sebuah doa yang biasanya diucapkan oleh umat Hindu Dharma sebagai penutup acara pertemuan;
  • Parama berarti suci nirmala (sebagaimana yang terkandung dalam pengertian Paramasiwa)
  • Santi berarti kedamaian.
Jadi Paramasanti berarti ketenangan, keharmonisan dan kedamaian sebagai harapan kita semua yang diucapkan sebagai doa paramasanti yaitu dalam mantram sembahyang sehari-hari dapat diucapkan :
Om Sàntih, Sàntih, Sàntih, Om 
(Semoga damai, damai di hati, damai di dunia, damai selama-lamanya.)
Dan tercapainya kedamaian sebagai tolak ukur agama masa depan, dikatakan bahwa ajaran agama hendaknya mampu menciptakan perasaan damai di hati bagi para pemeluknya.
Karena sejatinya banyak sekali akan kita temukan literatur mengenai petunjuk hidup dalam menciptakan perasaan damai ini seperti halnya disebutkan dalam ajaran Agama Hindu;. 
Ajaran tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi sebagian orang saja, namun seluruh manusia dari berbagai jenjang pendidikan, umur, dan bangsa. 
Secara umum ajaran dalam berbagai kitab suci mengajarkan bahwa cara untuk dapat menemukan kedamaian tersebut dengan mulai melangkah “ke dalam diri’. 
Apabila kita sudah melangkah “ke dalam”, kita tidak akan lagi dibingungkan oleh benda-benda duniawi yang menyebabkan keterikatan yang pada gilirannya akan menimbulkan perasaan tidak damai. 
Beberapa upaya yang dapat dilakukan misalnya dengan semakin mengintensifkan sembahyang, membaca kitab suci, mendegarkan lagu-lagu rohani, ataupun menonton dan membaca kisah-kisah Itihasa dan Purana untuk mengenal sejarah kuno.
***