Selanturnyane

Tri Sadhana

Tri Sadhana adalah tiga sebab (karana) atau alat (sadhana) yang dapat menuntun manusia untuk mencapai moksa atau juga disebut dengan Tri Karana yaitu :
  1. Jnana Bhyudreksa yaitu mahir dalam segala macam ilmu pengetahuan mengenai ajaran filsafat kerohanian. Dengan mengetahui hakikat dari kebenaran yang dianjurkan oleh tattwa darsana, maka orang akan mendapat pedoman dan tuntunan untuk mengenal dirinya sendiri, dari mana asalnya dan kemana perginya setelah ia meninggal.
  2. Indria Yoga Marga yaitu pengendalian aktifitas indria atau emosi. Jika indria atau emosi selalu diikuti geraknya dan dipenuhi kepuasaannya akan sangat berbahaya karena pada umumnya segala keinginan yang muncul dari nafsu yang berlebihan akan menimbulkan dosa. Maka itulah indria atau emosi itu dikendalikan agar seseorang mencapai ketenangan dalam dirinya.
  3. Tresna Dosa Kasaya yaitu mengurangi dosa dan tresna cinta kasih yang lekat. Dalam kehidupan ini memang perlu adanya rasa kasih antara sesama, akan tetapi janganlah terikat atau lekat terhadap apa yang dicintai atau disayangi itu,
Ketiga bagian ini dalam meranggidewa berkaitan Atma Tattwa berkaitan dengan sifat-sifat atman disebutkan memiliki hubungan yang sangat erat sekali satu dengan yang lainnya dan tidak dapat dipisahkan.
***