Tahukah Anda ? *) Pencarian data

Rsi Panini

Rsi (Bhagawan) Panini adalah seorang rsi yang dikenal sebagai penyususun tata bahasa sansekerta yang ditulis dalam Astadhyayi sebagai pedoman pokok dalam mempelajari sansekerta dan bahasa yang dipergunakan dalam Weda dalam berbagai aspek kehidupan yang diperlukan oleh manusia di dunia ini.

Dalam sejarah Veda, dianaclaim dalam beberapa teksnya menyebutkan bahwa sebelum weda mulai diselidiki,
Bhagawan Panini mulai menyusun tata bahasa sanskerta, pada tahun 700 SM, dan menamakan bahasa yang dipakai dalam weda dengan nama “Daiwi Wak” (bahasa dewata).  
Baru dalam tahun 200SM, bahasa itu mulai dikenal dengan nama sanskerta, setelah Patanjali menulis kitab Bahasa,  
Pada abad ke 11 SM. Nama sanskerta yang untuk pertama kali diperkenalkan oleh Patanjali yang untuk menyebutkan nama bahasa yang dipakai oleh masyarakat bahasa pergaulan Bharatawarsa.
Kemudian bahasa itupun dibedakan pula dari bahasa pali, bahasa yang dipakai oleh orang-orang Maghadhi didalam penyebaran Agama Budha.

Setelah Bhagawan Panini berhasil menyusun tata bahasa sanskerta, jejak beliau diikuti oleh Bhagawan Katyayana yang lebih popular dikenal dengan Bhagawan Wararuci pada abad V SM.
Beliau menulis keterangan-keterangan tambahan atas karya Panini disamping sebagai penulis Sarasamuccya, yang karyanya telah diterjemahkan di Indonesia kedalam bahasa Jawa Kuno pada waktu jaman keemasan Hindu di Jawa dan dialihkaan bahasanya kedalam bahasa Indonesia tahun 1970.
Sejarah pertumbuhan bahasa sanskerta setelah lahirnya kitab tata bahasa Panini itu kemudian membntu mempercepat proses pertumbuhannya sehingga dalam pertumbuhan abad kedelapan, Sanskerta menjadi bahasa percakapan sehari-hari.
***