Tahukah Anda ? Yasa kerti lan bhakti... memargi antuk manah suci.

Padmasari

Padmasari adalah salah satu tempat suci pekarangan rumah yaitu suatu bangunan/palinggih yang ditempatkan di timur laut dimana pada bagian diatasnya dibuat terbuka
dan pada bagian tabing mahkota dipahat lukisan/relief hyang acintya, yang berfungsi sebagai tempat pengayatan (pemujaan) Hyang Widhi dan bhatara-bhatari.
Dengan demikian Padmasari disebutkan, selain amat cocok bagi keluarga dengan lahan sempit, yang penting lagi wujud bakti kepada leluhur tetap bias dilaksanakan.

Sebagai tambahan, Padmasari disebutkan berbeda dengan fungsi padmasana, bangunan Padmasari tidak menggunakan dasar bhadawang nala dan juga disebutkan Padmasari ini sebagai tempat / linggih dewa pitara untuk sementara dalam arti tidak permanen yang memiliki bentuk yang lebih sederhana.

Catatan lain :
  • Dalam babad paibon hyang ungasan disebutkan pula bahwa Padmasari yang terletak di timur laut dalam sanggah merajan disebutkan juga merupakan pelinggihan Shang Hyang Sambhu, yang berfungsi untuk menyinari sanggah-sanggah yang lainnya (padma ini tidak setiap KK harus ada hanya untuk KK yang tertentu yang diminta oleh para leluhur).
***