Tahukah Anda ? Yasa kerti lan bhakti... memargi antuk manah suci.

Janma

Janma adalah lahir ke bumi ini dan hendaknya dipahami sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri lahir dan batin. 
Kelahiran ke bumi ini seyogianya dipahami dengan baik melalui perenungan Sad Anu Darsana berdasarkan petunjuk kitab suci dan ilmu pengetahuan.  
Dengan perenungan itu akan diperoleh wawasan hidup yang baik dan benar. 
Hidup ini akan diselenggarakan dengan baik apabila didasarkan pada pandangan yang baik dan benar. 
Agar perenungan itu mendatangkan pandangan yang benar, baik dan tepat maka hendaknya dilandasi kitab suci sabda Tuhan dan ilmu pengetahuan. 
Tanpa berdasarkan kitab suci dan ilmu pengetahuan maka hakekat hidup ini tidak dapat dipahami dengan benar dan baik. Menyelenggarakan kehidupan ini tanpa wawasan makna kelahiran ke bumi ini dapat disalah gunakan untuk membuat derita diri sendiri dan orang lain.
Dalam hidup ini kalau kita mampu senantiasa berprilaku berdasarkan dharma maka kitab suci menjanjikan akan memperoleh kehidupan bahagia di sekala maupun di niskala
Renungan dengan landasan kitab suci dan ilmu pengetahuan amat diperlukan agar setiap langkah dalam hidup ini dapat dianalisa dengan cermat untuk terhindar dari prilaku adharma.
Seperti halnya mempelajari kitab suci Tattwa sangkaning dadi janma disebutkan agar mengetahui ajaran tentang kebenaran terutama menyangkut sumber ciptaan yang ada serta proses kembalinya kepada sumber asalnya.
***