Aja Were

Ratu Niang Sakti

Batari Lingsir atau Batari Ratu Niang Sakti adalah roh suci yang dipuja di Pura Tanah Kilap yang dipercaya sebagai pemberi kemukjizatan untuk kemudahan dalam segala hal.

Ceritanya berawal dari salah satu anak Danghyang Nirartha bernama Ida Rai Istri yang kisahnya pada zaman dahulu menghilang di sebuah hutan bakau yang sepi bernama Suwung. 
Ida Rai Istri diberi gelar Batari Lingsir atau Batari Ratu Niang Sakti dan berstana di Pura Tanah Kilap atau Candi Narmada, Desa Suwung.

Selanjutnya keberadaan hutan bakau di Desa Suwung Kauh sebagaimana diberitakan RadioStarFM106.6 di IG disebutkan bahwa sampai kini masih banyak menyimpan misteri. 
Masyarakat setempat percaya akan prajurit gaib yang menjadi pengawal dari Ratu Betari Niang Sakti yang menguasai kawasan bakau. 
Pohon-pohon mangrove memiliki akar yang besar bagai kaki-kaki tentara yang turut mengiringi Ratu Betari Niang Sakti..
Keberadaan prajurit makhluk halus di hutan bakau Desa Suwung Kauh inilah berhubungan dengan kisah Asal Mula Ida Ratu Niang Sakti.

Di sekitar Pura Tanah Kilap terdapat hutan bakau yang luas. Dikisahkan Batari Ratu Niang Sakti mempunyai prajurit-prajurit yang merupakan kaum Wong Samar (manusia gaib), mereka bertugas menjaga hutan bakau tempat Ida Ratu Niang Sakti berstana. 

Masyarakat Desa Suwung meyakini keberadaan prajurit Batari Ratu Niang Sakti sebagai penjaga hutan bakau, 
Sehingga mereka pantang untuk melakukan perbuatan tercela yang akan membuat hutan bakau menjadi rusak.
.
Cerita Ratu Betari Niang Sakti menyebabkan hutan bakau begitu sakral dan angker, sekaligus melahirkan pantangan-pantang, diantaranya :
  • Dilarang berkata kasar, 
  • Tidak boleh merusak hutan, 
  • Serta tidak boleh mengambil sumber daya alam berlebihan dari dalam hutan.
Cerita mistis dari seorang nelayan yang tak sengaja melihat ada gundukan tanah yang kosong tidak ditumbuhi pohon ditengah hutan bakau lalu nelayan tersebut menancapkan galah untuk perangkap ikan, tetapi selalu gagal. 

Kemudian terjadi fenomena gaib. Konon, Ida Batari Ratu Niang menunjukkan dirinya sebagai sosok wanita tua di hadapan nelayan tersebut saat itu. 

Sosok wanita tua itu lalu menyampaikan pesan agar dirinya segera dibuatkan Pelinggih. Dibangunlah Pelinggih di tanah gundukkan didalam hutan bakau tersebut yang kini dikenal sebagai Pura Prapat Nunggal.

Jika kita melihat dengan mata batin sekala dan niskala, ratu niang sakti ini terkadang perwujudanya cantik sekali dengan rambutnya yang panjang, kadang perwujudannya terlihat seperti seorang nenek-nenek dengan memegang tongkat sambil berjalan bungkuk.
Itu sebetulnya Secret.........
Dan sejatinya Niang masih ada hubungan dengan Ide Ratu Gede Mecaling Dalem Ped.....dan setiap ada pelinggihnya Niang pasti ada pelinggihnya Ratu Gede....selalu berdampingan yang tidak bisa terpisahkan dalam artian dikehidupan sebelum kita ada beliau sudah saling mengasihi dan menyayangi kemanapun niang pergi selalu dijaga oleh ida ratu gede.
***