Sanghyang Ganapati

Sanghyang Ganapati adalah sebutan dari Ganesha yang dikenal sebagai Guru/ Pemimpin para dewa atau makhluk surgawi, putra perkasa dari Dewa Shiva itu sendiri, yang senantiasa berupaya mengupayakan kesejahteraan semua makhluk;
Sanghyang Ganapati berperan sebagai penanya yang ingin mengetahui ajaran tentang kebenaran terutama menyangkut sumber ciptaan yang ada serta proses kembalinya kepada sumber asalnya, bertanya demi kepentingan semua makhluk di alam semesta ( Lokha Samgraha). Demikian dijelaskan seperti dikutip dalam sloka 15 Kitab Suci Ganapati Tattva sebagaimana yang tersimpan & ditemukan di Universitas Leiden, Holland selatan (Belanda) 

Dan penggunaan Mantram Ganapati Puja dalam Gama Bali dimaksudkan sebagai sembah sujud kehadapan brahman dengan manifestasi Ganapati sebagai penguasa mahluk halus, penghancur segala rintangan, penyebab keberhasilan segala kegiatan, berilah hamba keberhasilan dalam segala kegiatan. yang utama, penguasa gaib dan penghancur segala rintangan, pencipta energi maha dasyat, sembah sujud kehadapan pemberi anugrah.

Ganapati menganugerahkan buddhi, ‘kecerdasan dan kemampuan pertimbangan’ serta siddhi, ‘pemenuhan’. Manusia hanya dapat mencapai siddhi, jika ia mempunyai buddhi yang baik. 

Dengan mengasihi sepenuh hati dan mempersembahkan segala yang kita lakukan kepada-Nya, maka pekerjaan sederhana yang kaulakukan pun akan bermakna. 

Dalam Hindu (Group Fb) Kidung Ganapati Puja, Pupuh Tunjungbiru dilantunkan sebagai berikut :
OM HYANG GANAPATI
ASTAWA PINUJA
MBABAD MARGI MANGDA BECIK
TINGHALANA SEMBAH HULUN
WASTU RAHAYU KAPANGGIH
LABDAKARYA SIDDHANING DON.
YAN SAUD MANAWI
MUANG LEPAS PANGUCAP
KALAWAN MANAH TAN SUCI
LAMPAH KAYA NDATAN AYU
KALUKAT DEN TIRTHA HENING
TIRTHAN SANGHYANG
WIDDHI KAWOT
***