Aja Were

Mancanegara

Mancanegara artinya keaneka ragaman yang berasal dari segala penjuru dunia.

  • Manca yaitu beraneka ragam seperti halnya dalam makna kata brumbun yang tersirat dalam pelaksanaan caru manca warna. 
  • Negara berarti adanya jalinan dalam interaksi sosial untuk dapat mempererat hubungan persaudaraan.
Menurut para ahli, pengertian mancanegara ini berasal dari bahasa Jawa Kuna dan pada awalnya digunakan dalam konsep kerajaan Majapahit yang berarti daerah perbatasan antara negara agung atau daerah di sekitar ibu kota kerajaan tempat raja memerintah dan nusantara atau pulau-pulau lain di luar Jawa yang budayanya sudah berbeda tetapi masih diakui sebagai daerah taklukan.

Segala sesuatu yang berasal dari mancanegara memiliki dampak positif dan negatif (rwa bhineda). Diantara dampak positifnya adalah bertambahnya pemasukan bagi negara. 

Contohnya dengan kedatangan wisatawan mancanegara sehingga menambah devisa negara, belum lagi terbukanya banyak peluang usaha di sekitar tempat wisata. Kemudian segala sesuatu yang berasal dari mancanegara juga dapat menambah wawasan, pengetahuan, dan sudut pandang kita mengenai segala sesuatu. 

Misalnya dalam hal budaya menari, jika selama ini kita hanya mengetahui tarian tradisional dalam negeri, dengan masuknya tarian mancanegara akan memperkaya referensi tarian kita. 

Ada pula dampak negatif dari segala sesuatu yang berasal dari mancanegara seperti budaya-budaya asing yang dapat merusak moral generasi muda, contohnya pergaulan bebas laki-laki dan perempuan, gaya berpakaian yang terlalu minim, dan lain-lain. 

Dampak negatif lainnya adalah berkurangnya kecintaan terhadap budaya dalam negeri, dimana generasi muda sangat memuja segala sesuatu yang berasal dari luar negeri dan merasa malu menggunakan produk atau budaya dalam negeri. 

Nah itulah disebutkan penjelasan singkat mengenai pengertian arti mancanegara. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian mancanegara secara umum ya.
***