Aja Were

Energi Surya

Energi matahari (surya) menurut kamus besar bahasa indonesia memiliki arti sumber utama energi atmosfer yang penyebarannya di seluruh muka bumi merupakan pengendalian yang besar terhadap cuaca dari iklim, selain berpengaruh terhadap tanaman dan binatang.

Menurut para ahli, Sang surya atau matahari merupakan bintang yang istimewa dan mempunyai radius sejauh 6,96 x 105 km dan terletak sejauh 1,496 x 105 km dari bumi.
Besar jumlah energi yang dikeluarkan oleh matahari sukar dibayangkan. 
Menurut salah satu perkiraan, inti sang surya merupakan suatu tungku termonuklir bersuhu 100 juta derajat celcius setiap detik mengonversi 5 ton materi menjadi energi yang dipancarkan ke angkasa luas sebanyak 6,41 x 107 W/m2 dan selengkapnya dapat disimak dalam >> Artikel Tenaga Surya & Energi Surya.

Dan sebagai tambahan, saat ini Bali yang berada di daerah tropis dikatakan memiliki potensi energi surya sangat besar. Pada saat cerah, matahari bisa menghasilkan energi listrik sekitar 150 – 200 watt per meter persegi per jam. 
Dengan perkiraan dalam sehari setidaknya matahari bersinar penuh selama 4 jam, maka bisa diperoleh setidaknya 600 – 800 watt per hari dari 1 meter persegi panel surya. (Dikutip dari artikel mongabay.co.id, Bali Memerlukan Percepatan Energi Bersih dan Terbarukan)
***