Aja Were

Sankirtan

Sankirtan atau Kirtan adalah istilah nyanyian seperti yang dilantunkan dalam ajaran Hare Krishna yang biasanya dinanyikan sebagai berikut :
Hare Krishna, Hare Krishna
Krishna Krishna, Hare Hare
Hare Rama, Hare Rama
Rama Rama, Hare Hare
Nyanyian dan taraian yang mahasempurna ini disebutkan Winaraya sekilas nampak seperti nyanyian dan tarian biasa, walaupun memang syair dan nadanya masih agak asing di telinga.
Tapi, kegiatan mengucapkan dan menyenandungkan nama- nama suci Tuhan dan menari dalam kebahagiaan rohani ini bukanlah kegiatan biasa. 
Kegiatan ini sangat mulia dan memberi manfaat yang sangat luarbiasa bagi setiap orang.

Secara alami setiap orang senang bersenandung dan menari-nari menggerakkan anggota badannya mengikuti irama musik. 
Tapi, bagaimana kegiatan yang menyenangkan dan membuat hati riang ini bisa memberi manfaat yang lebih tinggi lagi yakni pensucian hati dari segala kekotoran, untuk mencapai kedamaian dan ketenangan batin yang diidam-idamkan oleh setiap orang?
Kegiatan ini bisa berupa menyampaikan atau berbicara tentang keagungan-keagungan Tuhan dan bisa berupa menyanyikan nama-nama suci Tuhan untuk mengagungkan Tuhan. Kirtan, atau lebih lengkap lagi, sankirtan (mengagungkan bersama-sama atau beramai-ramai), adalah.proses yang.dianjurkan di dalam kitab-kitab Veda untuk mencapai kesucian dan kedamaian hati pada zaman Kali-yuga yang penuh kekalutan ini.

Kirtan dapat dilakukan oleh siapa pun, dari latar belakang apa pun, dengan segala jenis alat musik. Yang terpenting semuanya dilakukan sebagai ungkapan puji-pujian akan keagungan Tuhan Yang Maha Esa.
***