Aja Were

Keshava

Keshava (atau Kesawa) adalah julukan Krishna karena dia membunuh iblis yang disebut 'Kesi' yang merupakan panglima tertinggi para iblis.

Jadi, Kesava saat disandangkan kepada Krishna berarti "si pembunuh Kesi". Namun kata Keshava memiliki makna yang lebih dalam.
Keshava berasal dari beberapa urat kata terdiri dari tiga bagian yaitu. 'Ka', 'Isha', dan 'Va'.
  • 'Ka' adalah Prajapati-tatwam (penciptaan), 
  • 'Isha' menunjukkan Ketuhanan dan Samhaara-tatwam (peleburan), dan 
  • 'Va' menunjukkan Sthiti-Tatwam (Perlindungan dan Panugrahan).
Diceritakan lebih lanjut dalam Masula Parwa, pada kisah dahulu waktu itu kaum wanita bangsa Wrishni setiap malam bermimpi bahwa seorang wanita berkulit hitam legam dan bergigi putih telah muncul memasuki rumah-rumah dan tertawa berbahak-bahak, berlarilari seperti gila di jalan-jalan kota Dwaraka, serta merebut benang-benang tridatu yang dibelitkan pada pergelangan tangan para penduduk.
Kaum laki-laki pun bermimpi bahwa seekor burung sangat dahsyat telah memasuki rumah mereka dan mengobrak-abrik tempat pemujaan serta mencuri pusaka-pusaka keramat seperti payung, keris, dan sebagainya. 
Dan oleh semua rakyat Wrishni disaksikan senjata cakra yang maha dahsyat kepunyaan Krishna terbang ke angkasa. 
Kereta Wasudewa yang cemerlang bagaikan surya itu lengkap dengan segala peralatannya telah terbang sendiri ditarik oleh keempat ekor kuda penariknya, yaitu Saiwya, Sugriwa, Meghapushpa, dan Walahaka. 
Kereta itu melesat menyusuri permukaan laut. Namun bendera kebesaran saat itu yang biasanya dipasang oleh Krishna dan Baladewa pada kereta masing-masing telah dibawa pergi oleh para apsara, penjaga-penjaganya. 
***