Aja Were

Dwi Pramana

Dwi Pramana adalah makhluk hidup yang memiliki dua aspek kemampuan berupa :
  • Bayu sebagai kekuatan
  • dan Sabda untuk berbicara,
Seperti sato dan sarwa beburon yaitu hewan/binatang.

Dan beberapa contoh lain dalam kehidupan sekitar kita yang tergolong dwi pramana disebutkan yaitu :
  • Swedaya yaitu bangsa binatang yang bersel satu yang hidup di air maupun di darat. Contohnya : amoeba, plasmodium sp, dan balantiduim coli.
  • Andaya yaitu bangsa binatang yang bertelur yang biasanya hidup di air maupun di darat. Contohnya : ayam, buaya, dan ikan.
  • Jarayudha yaitu bangsa binatang yang menyusui. Contohnya : sapi, kucing, dan kuda.
***
Pernahkah anda melihat kerbau yang dihinggapi banyak burung jalak? Jika pernah, itu berarti Anda pernah melihat simbiosis mutualisme.
Hubungan antara keduanya sangatlah unik, mengingat tubuh kerbau yang besar ini sangat nyaman sekali dihinggapi oleh kawanan burung jalak. 
Dalam interkasi kali ini, burung jalak akan mencari makanannya yang berupa kutu yang banyak ditemukan pada tubuh kerbau yang besar tersebut. Disisi lain, kerbau yang jarang membersihkan dirinya tersebut merasa beruntung dengan kehadiran burung jalak tersebut. 
Hal ini dikarenakan burung jalak tersebut dapat mengurangi kutu yang terdapat pada tubuhnya dan tentunya membuat kerbau menjadi lebih nyaman.
Dalam suatu kehidupan tentu banyak berbagai interaksi yang terjadi antara makhluk hidup satu dengan yang lainnya ataupun interaksi antara komponen biotik dengan abiotik. 
Beberapa contoh interaksi diantaranya adalah saling memangsa atau predasi, saling berkompetisi ataupun saling menguntungkan satu sama lain.
***
Demikianlah gambaran kehidupan ini sebagai SIMBIOSIS MUTUALISME : hubungan yang saling menguntungkan, artinya makhluk hidup yang sama-sama untung dan saling ketergantungan. 

Namun terkadang adapula hubungan disebutkan sebagai berikut :
  • SIMBIOSIS KOMENSALISME yaitu hubungan yang menguntungkan satu pihak. Artinya makhluk hidup satunya untung dan yang lainya tidak untung dan tidak rugi. 
  • SIMBIOSIS PARASITISME : Hubungan yg merugikan satu pihak. artinya satu makhluk hidup untung dan satunya rugi.
***