Aja Were

Don Delem

Don Delem (Don Nilem (Nilam, Patchouli)) adalah salah satu dedaunan yang memiliki wangi yang sangat romantis, agak sedikit berat dan teduh.
Dimana daun nilam yang disuling sebagai bahan dasar pembuatan minyak atsiri dalam Balinese Balinese Aromatherapy At Home disebutkan mencium wangi daun tanaman ini memberikan efek kedamaian jiwa dan ketenangan.
Diberitakan oleh BaliPrawara.com, dalam konferensi IFEAT Di Bali Jadi Event Terbesar Di Dunia menurut Presiden IFEAT Alastair Hitchen, federasi ini bergerak dalam industri minyak natural esensial ekstrak.
Untuk pelaksanaan konferensi di Bali ini kata dia, menjadi event terbesar di dunia untuk industri Atsiri karena diikuti sebanyak 1700 delegasi. 
Konferensi IFEAT menurutnya rutin digelar setiap tahun untuk memfasilitasi pertemuan antara buyer dan seller. “Kami mengadakan acara ini setiap tahun. 
Sehingga setiap orang bisa bertatap muka, bertemu dengan suplaiyer, kostumer, petani, pengedar, pengepul dan pemroses,” katanya saat ditemui, Selasa (1/10/2019).
Menurutnya, Indonesia menjadi salah satu negara terpenting dalam industri minyak esesnisal ini. 
Karena, Indonesia sudah sejak lama menjadi produsen minyak ini di dunia. Bahkan Indonesia menjadi salah satu produsen minyak terbaik di dunia.
Di Indonesia kata dia, memiliki banyak jenis minyak seperti ginger oil, kulit sebagai bahan baku yang terbaik di dunia. Dalam hal ini, beberapa negara selalu berkompetisi seperti India, China. Namun Indonesia menjadi negara yang paling penting dalam industri ini. “Indonesia menjadi sangat penting dibandingkan negara lain untuk industri minyak atsiri,” akunya.
***
Sebagai Kajian LIPI
Prototipe formula inovatif green aditif juga adalah penghemat bahan bakar berbasis turunan minyak atsiri.
***