Aja Were

Badong

Badong adalah mainan (liontin) kalung bayi yang biasanya mulai digunakan saat upacara nyambutin sebagai permohonan keselamatan.
Dimana badong yang didalamnya diisi dengan sedikit papah nyuh tertusuk keloping jadi pengimpas ilmu hitam disebutkan berfungsi agar si bayi terhindar dari hal-hal yang bersifat negatif dan suka mengganggu.
Jika dihubungkan dengan mitos tentu itu merupakan anugerah alam, yang diyakini akan mendatangkan kebaikan bagi pemiliknya.

Sebagai penolak bala, ketika menemukan papah nyuh tertusuk keloping. Hal ini juga diyakini sebagai pangimpas ngimpas (penolak) ilmu hitam, juga dipercaya bisa merukunkan keluarga, dan kemakmuran.
Jika digunakan untuk merukunkan keluarga, biasanya papah nyuh tertusuk keloping ini akan diambil sedikit, kemudian diletakkan di atas kusen tempat tidur atau di bawah kasur di bagian bawah kepala.
Untuk kemakmuran biasanya akan direndam, dan airnya akan dipercikkan di pekarangan, atau warung, tempat usaha yang diharapkan mendatangkan rezeki dan ketenangan.
***