Tahukah Anda ? *) Pencarian data

Orang Jawa

Orang Jawa adalah orang melayu yang mendiami Pulau Jawa yang disebut sebagai salah satu krama tamiu yang merupakan warga pendatang yang hadir di Bali.

Sebagaimana orang Bali itu keturunan Majapahit, disebutkan bahwa orang jawa pun berkulit sawo matang, bermata lebar dan berambut hitam. sifatnya tenang, sopan dan hati-hati. 
Orang India dahulu menyebut pulau jawa sebagai javadvipa atau yavabhumi, yang dalam bahasa sanskerta kata “yawa” artinya tanaman sejenis gandum. memang, kerajaan mataram kuna dikenal sebagai penghasil beras utama karena orang mataram kuna memiliki teknologi menanam padi yang canggih.
Orang mataram kuna pintar dan kreatif, mereka tidak meniru mentah-mentah ilmu dari india. mereka meniru agama dari india tapi membangun tempat ibadah (candi) dengan hiasan berbeda. huruf pallawa india dimodifikasi jadi huruf jawa. bahasa jawa kuna juga ditambahi dengan kosa kata dari bahasa sanskerta yang saat itu jadi bahasa internasional. huruf dan bahasa jawa kuna itu masih dipakai terus sampai jaman majapahit. di jaman mataram islam, huruf jawa masih dipakai di kerajaan misalnya untuk menulis buku-buku sastra, tapi bahasanya sudah memakai bahasa jawa baru.
***