Tahukah Anda ?

Keyakinan Reinkarnasi

Keyakinan reinkarnasi juga telah diselidiki secara ilmiah. Yang berjasa dalam penelitian ini yaitu :
  • DR. Ian Stevenson, seorang psikiater dan guru besar di Universitas Virginia Amerika Serikat. 
  • Hemendra Banerjee pendiri Lembaga Parapsikologi India yang tinggal di Amerika Serikat sejak tahun 1970. 
Mereka menyelidiki kasus-kasus reinkarnasi dari seluruh dunia. Respondennya adalah orang-orang yang memberi pernyataan tentang hidupnya di masa lalu, umumnya di kota lain yang belum pernah dikunjunginya dalam hidupnya sekarang. Dr. Ian Stevenson kemudian menerbitkan bukunya yang terkenal 
"Twenty Cases Suggestive of Reincarnation" (Dua puluh Kasus tentang Reinkarnasi).
Metoda penelitian reinkarnasi yang juga populer dewasa ini disebut "far age regression" (regresi ke abad yang jauh). Dalam teknik ini seseorang dihipnotis, dan dalam keadaan ini dia diminta untuk melihat kehidupannya sebelumnya paling dekat dengan kehidupannya sekarang. Ia diminta untuk mengisahkan apa yang dilihatnya terutama peristiwa- peristiwa yang terkait dengan dirinya ketika itu. Kemudian ia diminta lagi untuk melihat kehidupannya sebelum itu. Demikian seterusnya sampai ia melihat beberapa kehidupannya yang lalu. 
Apa yang diceriterakannya kemudian dicek dengan peristiwa- peristiwa sejarah yang terjadi pada masa kehidupannya yang lalu. Dalam banyak kasus apa yang mereka ceritakan itu menunjukkan ketepatan yang mengagumkan, bahkan sekalipun yang bersangkutan, dalam keadaan normal tidak mengetahui peristiwa, tempat atau nama-nama orang yang dikisahkan dalam terhipnotis itu.
Salah seorang yang mempraktekkan tehnik ini adalah Dr. Joel L. Whitton, PhD, seorang psikiater yang tinggal di Toronto, Kanada. Hasil penelitiannya ditulis bersama Joe Fisher, seorang wartawan, menjadi buku "Life Between Life", (Kehidupan diantara Kehidupan).

Demikian disebutkan reinkarnasi hidup setelah mati, dalam rumah belajar Hindu yaitu dengan lahir kembali ke dunia ini untuk menyempurnakan karma-karma dari kehidupan sebelumnya atau memperbaiki hidup kita sekarang dan menabung untuk kehidupan kita yang akan datang.
***