Guna Widya

Guna Widya adalah aktivitas dan kreativitas yang tekun dan gigih sebagai upaya untuk membangun landasan kehidupan yang kuat yaitu : 
Dengan mengetahui kapan waktu untuk belajar yang baik dan tepat sesuai dengan Tri Guna yang dengan komposisinya ideal akan dapat membuat orang jadi sukses :
    • Pukul 01-07 pagi waktu belajar yang sangat baik. Pada waktu tesebut pikiran masih jernih sehingga lebih banyak dapat menyerap ilmu pengetahuan yang dipelajari. Waktu tersebut, pikiran lebih banyak dikuasai oleh sifat satwam
    • Pada pukul 07-13, pikiran lebih banyak dikuasai oleh sifat rajas
    • Sedangkan waktu dari pukul 13-24 sifat tamas lebih banyak menguasai pikiran.
Tersebutlah dahulu, dalam Wiracerita Mahabaratha juga dikisahkan saat Pandawa dan Korawa sedang menuntut ilmu kepada Guru Drona. 
Pada suatu malam Bima ingin mencuri makan di dapur, lalu didengar adanya suara desingan panah. Bima mendekati suara desingan panah tersebut. Ditemukannya Arjuna sedang giat untuk mempelajari ilmu panah. 
Dengan ketekunan dan kegigihan Arjuna belajar memanah sehingga dia menjadi pemanah yang terkenal. 
Hikmah dari Wiracerita tersebut bahwa, 
Dalam menuntut ilmu pengetahuan termasuk teknologi harus dilakukan dengan serius dan sungguh-sungguh. 
Dengan demikian ilmu pengetahuan tersebut dapat dimiliki oleh seseorang yang serius dan sungguh-sungguh memfokuskan dirinya untuk belajar serta tidak mengabaikan etika - etika dalam menuntut ilmu pengetahuan.
Demikian diceritakan oleh PHDI dalam penjelasan berkaitan dengan Brahmacari : Masa menuntut ilmu [2] sebagai bekal untuk melanjutkan jenjang kehidupan berikutnya yang bermanfaat bagi kesejahteraan orang banyak serta menguntungkan, baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain.
***