Namun sesungguhnya ketidakadaan itu bukanlah berarti penyangkalan terhadap adanya sesuatu.
Dalam makalah vaisesika Darsana, Abhawa atau ketidakadaan itu disebutkan ada 2 jenis yaitu:
- Samsargabhawa : ketidakadaan suatu substansi di dalam suatu tempat. Samsargabhawa terbagi atas tiga jenis, yaitu :
- Praghabawa (suatu benda tidak ada sebelum dibuat),
- Dhwamsabhawa (tidak adanya suatu benda tidak ada sesudah benda itu dirusakkan); dan
- Atyantabhawa (tidak adanya sesuatu benda (sifat suatu benda) pada benda-benda lain, baik pada jaman dahulu, sekarang maupun masa yang akan datang (nagata).
- Anyonyabhawa : berarti tidak adanya hubungan antara dua buah benda yang saling berbeda.
Dengan cara mengamati langsung terhadap sesuatu obyek, sehingga tidak ada yang perlu diragukan tentang sesuatu yang diyakini.
***