Tahukah Anda

Celemik

Photo Celemik salah satu di Grup Hindu fb
Celemik (Clemik) adalah simbol / perwujudan dari Tri Murti untuk kekuatan dari "Sa" sebagai panunggalan Tri Pramana yaitu bayu sabda idup yang dalam penggunaan tetukon sebagai simbol kepala, mata, kuping dll.
Celemik juga berasal dari 2 suku kata CELE / CULE krn kebiasan bahasa dibilang CELE yang artinya tiga(3) sudut diambil dr kekuatan tiga dewa jd satu pd suatu benda yaitu tri CULA/E pd pembacaan keseharian orang Bali .yg kedua MIK/MIEK artinya harum tak terbayangkan/ tak terpikirkan jd CELEMIK /CULEMIEK kata aslinya tiga (3) kekuatan harum (tak terbatas krn kl harum sudah msk ke hidung lalu disebarkan ke otak maka manusia akan lupa segalanya /tak terpikirkan untuk dapat memusatkan pikiran.
 Dalam tetandingan banten Clemik terbuat dari janur yaitu :
Clemik = tatakan = alas, Clemik segitiga melakar uli don kayu..., maknanya hendaknya meyadnya metatakan atau berlandaskan kayun(don kayu) kayun sane leser, lurus. BUSUNG tak ada yg bengkak bengkok.
 Penggunaan Celemik :
  • Digunakan pada canang merake
    • Celemik dibagian atas berisi pisang kayu sebagai simbul nunas Amertha Sanjiwani, kebiyuhdayaan, nunas sifat kebijaksanaan.
    • Celemik dibagian kanan berisi buah salak, sebagai simbul nunas Amertha Kamandalu, agar diberikan kekuatan fisik, akal dan budhi.
    • Celemik dibagian bawah berisi buah yang berwarna kuning, (mangga, pepaya, dsb), nunas amertha kundalini, sebagai bentuk permohonan agar dianugerahkan kemakmuran, kesejahteraan, dan nugtug tuwuh.
    • Celemik dibagian kiri berisi buah manggis, nunas Amertha Pawitra, sebagai bentuk permohonan agar selalu memiliki hati yang tulus ikhlas dan jujur, untuk menuju ketingkat kesucian.
    • Celemik ditengah berisi jeruk dengan macamnya seperti semaga (semagama), nunas Amertha Maha Amerta, sebagai permohonan agar senatiasa diberikan dan memiliki Bhatin yang suci untuk menyatu dengan Sang Hyang Widhi melalui sembah bhaktinya.
  • Dalam canang gantal sebagai permohonan umat kehadapan Sang Hyang Widhi agar dianugerahkan kedamaian.
  • Dll.

 ***